Di Indonesia, durian adalah komoditas hortikultura yang sangat menguntungkan. Di berbagai daerah penghasil utama durian, seperti Medan, Majalengka, dan Kalimantan Barat, strategi pemasaran dan pengaruh mereka terhadap peningkatan nilai ekonomi adalah subjek penelitian ini. Penelitian ini dilakukan melalui pendekatan deskriptif kualitatif dan kuantitatif, serta meninjau literatur yang ada tentang petani dan pedagang durian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pemasaran yang efektif melalui pengemasan, diferensiasi produk, promosi digital, dan integrasi dalam agrowisata meningkatkan pendapatan petani, efisiensi distribusi, dan ekspansi pasar lokal dan ekspor. Selain itu, rantai pasokan yang efektif dan pemberdayaan kelembagaan tani meningkatkan nilai ekonomi durian. Untuk meningkatkan daya saing durian Indonesia, penelitian ini menyarankan peningkatan kelembagaan petani, digitalisasi pemasaran, dan pengembangan produk turunan. Kata kunci: durian, pemasaran, nilai ekonomi, strategi, agribisnis
Copyrights © 2025