Journal of Innovation and Research in Agriculture
Vol. 4 No. 1 (2025)

PEMASARAN DAN NILAI EKONOMI BUAH DURIAN DI INDONESIA: DENGAN PENDEKATAN STUDI LITERATUR TERHADAP PETANI DAN PEDAGANG DURIAN

Srimenganti, Ning (Unknown)
Septianur, Gisca Razwa (Unknown)
Mahmiludin, Dede (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Jul 2025

Abstract

Di Indonesia, durian adalah komoditas hortikultura yang sangat menguntungkan. Di berbagai daerah penghasil utama durian, seperti Medan, Majalengka, dan Kalimantan Barat, strategi pemasaran dan pengaruh mereka terhadap peningkatan nilai ekonomi adalah subjek penelitian ini. Penelitian ini dilakukan melalui pendekatan deskriptif kualitatif dan kuantitatif, serta meninjau literatur yang ada tentang petani dan pedagang durian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pemasaran yang efektif melalui pengemasan, diferensiasi produk, promosi digital, dan integrasi dalam agrowisata meningkatkan pendapatan petani, efisiensi distribusi, dan ekspansi pasar lokal dan ekspor. Selain itu, rantai pasokan yang efektif dan pemberdayaan kelembagaan tani meningkatkan nilai ekonomi durian. Untuk meningkatkan daya saing durian Indonesia, penelitian ini menyarankan peningkatan kelembagaan petani, digitalisasi pemasaran, dan pengembangan produk turunan. Kata kunci: durian, pemasaran, nilai ekonomi, strategi, agribisnis

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jira

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Control & Systems Engineering Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Environmental Science

Description

Journal of Innovation and Research in Agriculture (JIRA), with ISSN 2964-7312, is a peer-reviewed bi-annual journal published by Papanda Publisher. This journal covers all aspects of agricultural research including Animal Science and Fisheries, Agribusiness, Agricultural Technology, and Agriculture ...