Innovative: Journal Of Social Science Research
Vol. 5 No. 4 (2025): Innovative: Journal Of Social Science Research

Penerapan Artificial Intelligence dalam WACS sebagai Asisten Customer Service untuk Peningkatan Manajemen Sumber Daya Manusia di B21 Digital Printing

Puspitasari, Adinda Regita (Unknown)
Dewanti, Mentari Clara (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Jul 2025

Abstract

Studi ini bertujuan untuk mengkaji penerapan Kecerdasan Buatan (AI) dalam sistem Layanan Pelanggan Berbasis Web (WACS) sebagai asisten customer service di B21 Digital Printing, serta pengaruhnya terhadap peningkatan manajemen sumber daya manusia (SDM). Pemanfaatan WACS bertujuan untuk mengotomatisasi tanggapan pelanggan, mengurangi beban kerja tim layanan pelanggan, serta meningkatkan efisiensi dalam pelayanan. Metode yang diterapkan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, yang meliputi observasi langsung, wawancara, serta pengumpulan dokumentasi. Temuan penelitian mengindikasikan bahwa penggunaan AI melalui WACS dapat menyelesaikan 70% pertanyaan umum dari pelanggan secara otomatis, sehingga karyawan dapat lebih berkonsentrasi pada tugas-tugas strategis yang lain. Di samping itu, sistem ini mendukung manajemen dalam mengevaluasi kebutuhan pelatihan SDM yang berdasarkan data interaksi dengan klien. Sebagai kesimpulan, penerapan AI dalam layanan pelanggan tidak hanya memperbaiki mutu pelayanan, tetapi juga memberikan dampak positif terhadap perkembangan serta efisiensi pengelolaan SDM di B21 Digital Printing.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

Innovative

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Public Health Other

Description

Innovative: Journal Of Social Science Research is a journal managed by Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai which bridges researchers to publish research results in all scientific fields (multidiscipline). This includes the fields of education, health, law, economics, IT (Informatics Engineering), ...