Innovative: Journal Of Social Science Research
Vol. 5 No. 4 (2025): Innovative: Journal Of Social Science Research

Pengaruh Metode Spendle Boxes Terhadap Kemampuan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun Di RA Raudlatul Ulum

Assaidi, Aas Muassaroh (Unknown)
Humaedi, Humaedi (Unknown)
Nurhayati, Is (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Jul 2025

Abstract

Pendidikan anak usia dini merupakan langkah penting dalam memberikan stimulasi yang tepat untuk perkembangan anak secara optimal, khususnya dalam masa emas usia 5-6 tahun. Di RA Raudlatul Ulum, metode Spindle Boxes digunakan untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak-anak, terutama dalam memahami konsep angka dan jumlah. Namun, penelitian yang ada belum memberikan data empiris yang cukup mengenai efektivitas metode ini. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen semu, di mana anak-anak diuji sebelum dan sesudah perlakuan. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan dalam kemampuan kognitif anak, terbukti dari rata-rata peningkatan 14,18 poin antara pre-test dan post-test kelompok eksperimen. Analisis statistik melalui Paired Sample T-Test juga menunjukkan hasil signifikan dengan nilai t = -17,57 dan p-value = 7,57. Implikasi dari penelitian ini menegaskan bahwa metode Spindle Boxes efektif dalam meningkatkan kemampuan kognitif, dan penerapannya dapat dikembangkan lebih lanjut di berbagai konteks pendidikan anak usia dini.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

Innovative

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Public Health Other

Description

Innovative: Journal Of Social Science Research is a journal managed by Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai which bridges researchers to publish research results in all scientific fields (multidiscipline). This includes the fields of education, health, law, economics, IT (Informatics Engineering), ...