Abstrak Penelitian ini dilatarbelakangi dengan adanya permasalahan, yaitu penggunaan pendekatan pembelajaran yang masih kurang efektif dan bermakna sehingga menyebabkan rendahnya aktivitas dan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Matematika peserta didik kelas IV A SDN 58 Sungai Raya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas dan hasil belajar peserta didik kelas IV A SDN 58 Sungai Raya dengan menggunakan model pembelajaran problem posing. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK), yang terdiri dari dua siklus dengan melakukan tahapan-tahapan seperti tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Fokus penelitian ini adalah model pembelajaran problem posing, aktivitas, dan hasil belajar matematika peserta didik kelas IV A dengan jumlah 24 orang, yang terdiri dari 11 orang laki-laki dan 13 orang perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes. Teknik analisis data menggunakan analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan aktivitas dan hasil belajar peserta didik kelas IV A di kelas. Aktivitas mengajar guru dalam siklus I berada pada kategori sedang yang kemudian menjadi kategori baik pada siklus II. Begitu juga pada aktivitas belajar peserta didik dalam siklus I berada pada kategori sedang kemudian menjadi kategori baik pada siklus II. Peningkatan juga terjadi pada hasil belajar peserta didik. Pada siklus I peserta didik belum berhasil mencapai ketuntasan yang telah ditentukan sehingga berada pada kategori cukup. Pada siklus II hasil belajar peserta didik sudah meningkat, dapat dilihat dari nilai rata-rata kelas yang mengalami peningkatan dan berada pada kategori baik. Kesimpulan dari penelitian ini adalah dengan menerapkan model pembelajaran problem posing dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika pada peserta didik kelas IV A SDN 58 Sungai Raya. Kata Kunci : Penerapan, Problem Posing, Aktivitas, Hasil Belajar
Copyrights © 2024