Innovative: Journal Of Social Science Research
Vol. 5 No. 4 (2025): Innovative: Journal Of Social Science Research

Pengembangan Modul Ajar Digital Interaktif Menggunakan Model ADDIE Pada Materi Resensi Kelas XI SMA

Padilah, Ai Fitri (Unknown)
Gumilar, Ramdan (Unknown)
Sobarudin, Refia Mustikaati (Unknown)
Rahayu, Ayu Puji (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 Jul 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul ajar digital interaktif berbasis model ADDIE pada materi teks resensi di kelas XI SMA. Latar belakang dari penelitian ini adalah rendahnya pemahaman siswa terhadap materi Bahasa Indonesia, khususnya teks resensi, yang disebabkan oleh metode pembelajaran konvensional yang kurang menarik dan minim praktik. Penelitian dilakukan melalui lima tahapan model ADDIE, yaitu: Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Modul dikembangkan dalam bentuk PowerPoint interaktif yang dilengkapi dengan media pendukung seperti video, kuis, dan proyek berbasis teknologi digital. Evaluasi formatif dan sumatif menunjukkan bahwa penggunaan modul ini meningkatkan motivasi belajar, pemahaman konsep resensi, dan kemampuan literasi kritis siswa. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa pendekatan berbasis proyek (PBL) dan pemanfaatan media digital mampu menciptakan pembelajaran yang lebih aktif, kontekstual, dan sesuai dengan karakteristik generasi digital native. Oleh karena itu, modul ini dinilai efektif sebagai alternatif inovatif dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di era digital.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

Innovative

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Public Health Other

Description

Innovative: Journal Of Social Science Research is a journal managed by Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai which bridges researchers to publish research results in all scientific fields (multidiscipline). This includes the fields of education, health, law, economics, IT (Informatics Engineering), ...