Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul ajar digital interaktif berbasis model ADDIE pada materi teks resensi di kelas XI SMA. Latar belakang dari penelitian ini adalah rendahnya pemahaman siswa terhadap materi Bahasa Indonesia, khususnya teks resensi, yang disebabkan oleh metode pembelajaran konvensional yang kurang menarik dan minim praktik. Penelitian dilakukan melalui lima tahapan model ADDIE, yaitu: Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Modul dikembangkan dalam bentuk PowerPoint interaktif yang dilengkapi dengan media pendukung seperti video, kuis, dan proyek berbasis teknologi digital. Evaluasi formatif dan sumatif menunjukkan bahwa penggunaan modul ini meningkatkan motivasi belajar, pemahaman konsep resensi, dan kemampuan literasi kritis siswa. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa pendekatan berbasis proyek (PBL) dan pemanfaatan media digital mampu menciptakan pembelajaran yang lebih aktif, kontekstual, dan sesuai dengan karakteristik generasi digital native. Oleh karena itu, modul ini dinilai efektif sebagai alternatif inovatif dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di era digital.
Copyrights © 2025