Abstrak Model pembelajaran Make a Match merupakan salah satu bentuk strategi pembelajaran kooperatif yang bertujuan untuk meningkatkan partisipasi aktif siswa melalui aktivitas mencocokkan kartu berisi pertanyaan dan jawaban. Strategi ini dirancang untuk membantu siswa lebih memahami materi pelajaran serta menciptakan lingkungan belajar yang menyenangkan, dinamis, dan interaktif. Penelitian ini bertujuan untuk menguraikan secara mendalam bagaimana penerapan model Make a Match dalam pembelajaran Bahasa Indonesia, khususnya pada teks biografi. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan subjek berupa seorang guru dan siswa kelas X di MA Pesantren Al-Ghoits. Pengumpulan data dilakukan melalui dokumentasi kegiatan pembelajaran, wawancara dengan guru dan beberapa siswa, serta observasi langsung terhadap proses belajar mengajar. Berdasarkan hasil analisis data, ditemukan bahwa penerapan model Make a Match secara efektif mampu meningkatkan keterlibatan siswa dalam kegiatan pembelajaran. Partisipasi siswa menjadi lebih terlihat karena mereka terlibat langsung dalam aktivitas mencocokkan kartu, yang menjadikan proses belajar lebih dinamis dan menarik, mempermudah pemahaman terhadap isi teks biografi, serta melatih kemampuan bekerja sama dan berkomunikasi secara efektif di dalam kelompok. Kata Kunci : Implementasi, Model Make A Match, Bahasa Indonesia
Copyrights © 2025