LKPD yang baik bisa mendorong peserta didik berpikir kritis, mengembangkan keterampilan sains, dan membuat proses belajar biologi lebih hidup dan interaktif yang diharapkan mampu membuat hasil belajar menjadi meningkat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan LKPD praktikum biologi terhadap hasil belajar peserta didik pada materi perubahan lingkungan. Digunakan pendekatan pre-experimental design dengan jenis one group pretest-posttest design dalam penelitian ini. Sampel diperoleh melalui teknik purposive sampling. Hasil paired sample t-test menunjukkan bahwa thitung>ttabel dengan nilai 1,824>1,779 yang berarti H0 ditolak, artinya terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik setelah penerapan LKPD praktikum biologi pada materi perubahan lingkungan. Kesimpulannya penerapan LKPD praktikum Biologi pada materi perubahan lingkungan terbukti membuat hasil belajar peserta didik menjadi meningkat yang dilihat kenaikan nilai pada post-test.
Copyrights © 2025