Pada penelitian ini yang menjadi masalah merupakan kemampuan membaca anak umur 5-6 tahun yang belum berkembang secara optimal. Studi ini tujuannya guna mengetauhi “pengaruh penggunaan loose parts terhadap kemampuan membaca anak usia 5-6 Tahun di TK Tunas Muda Kabupaten Labuhanbatu Utara.” Studi ini memakai metode kuantitatif pada metode eksperimen (One Group Pretest-Postest). Populasi pada studi ini yaitu anak yang berusia 5-6 tahun di TK Tunas Muda Kabupaten Labuhanbatu Utara sebanyak14 anak, dan banyaknya sampel pada studi ini sejumlah 14 anak. Penelitian dilakukan 3 kali perlakuan. Lembar observasi digunakan sebagai alat pengumpulan data. Statistik non-parametrik, khususnya uji Wilcoxon, digunakan dalam pendekatan analisis data. Dari data perolehan analisis data memilki rata-rata skornya pada perlakukan 1 sebesar34,64 pada perlakukan 2 mendapatkan nilai rata-rata 39 lalu pada perlakuan 3 mendapatkan rata-rata skor 43. Berlandaskan analisis data dengan uji hipotesis non-parametris sehingga didapatkan skor test stasistic SPSS 27 ialah 0,001 0,003 dan 0,005. Sehingga kesimpulannya ialah “penggunaan loose parts memberikan pengaruh signifikan terhadap kemampuan membaca pada anak usia 5-6 tahun di TK Tunas Muda Kabupaten Labuhanbatu utara.”
Copyrights © 2025