Jurnal Abdimas Kartika Wijayakusuma
Vol 6 No 2 (2025): Jurnal Abdimas Kartika Wijayakusuma

Pendampingan Penyusunan Modul Ajar Bilingual Berbasis Ice Breaking Activity (IBA) bagi Guru Bahasa Inggris di SMA Muhammadiyah Malang

Maro, Rahmawati Khadijah (Unknown)
Hartiningsih, Sri (Unknown)
Elfana, Riza (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Jul 2025

Abstract

Modul Ajar adalah seperangkat perencanaan dalam pembelajaran yang merupakan acuan bagi guru dalam memberikanmateri ajar kepada siswa. Modul Ajar yang sejatinya sama dengan Rencana Perangkat Pembelajaran (RPP) masihmenjadi kendala bagi guru dalam penyusunannya. Istilah Modul Ajar muncul di masa Kurikulum Merdeka dengan beberapa komponen isi yang hampir sama dengan penyusunan RPP. Beberapa kendala yang dihadapi guru dalammenyusun Modul Ajar adalah seperti kurangnya pemahaman dalam beberapa istilah yang ada dalam Modul Ajar,permasalahan waktu penyusunan, keterbatasan waktu, dan penyesuaian terhadap karakteristik siswa. Modul Ajar berbasis ice breaking activity (IBA) adalah dalam penyusunan Modul Ajar disesuaikan dengan pilihan jenis aktivitas ice breaking yang disesuaikan dengan materi yang diberikan guru dalam kelas. IBA diberikan dalam setiap materi pembelajaran karena siswa membutuhkan ekstra motivasi dalam pembelajaran bahasa Inggris agar menarik minat siswa untuk belajar. Hasil pengabdian ditunjukkan dengan diperolehnya kemampuan guru dalam menyusun Modul Ajar berbasis IBA dengan dua bahasa (bilingual).

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jkwk

Publisher

Subject

Humanities Education Social Sciences Other

Description

Jurnal Abdimas Kartika Wijayakusuma merupakan jurnal ilmiah yang berisi kumpulan artikel yang berasal dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat. Lingkup Jurnal Abdimas Kartika Wijayakusuma mencakup seluruh kegiatan pengabdian kepada masyarakat dalam bidang sains, teknologi, sosiohumaniora, atau ...