Proceedings Series on Social Sciences & Humanities
Vol. 24 (2025): Proceedings of International Student Conference on Education (ISCE) 2025

Pengaruh Pendekatan Matematika Realistik Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas VII SLB-B Negeri Mandiraja Pada Materi Perkalian

Istiqumatunisa, Luthfi Nofiana (Unknown)
Kumala, Fitria Zana (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Jul 2025

Abstract

Berdasarkan hasil wawancara dengan guru mata pelajaran matematika di SLB Negeri Mandiraja menunjukan bahwa siswa belum dapat memahami konsep matematika secara baik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh pendekatan matematika realistik terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa SLB-B Negeri Mandiraja. Jenis penelitian berupa penelitian kuantitatif dengan desain penelitian one group pre-test post-test yang menggunakan teknik pengambilan sampel berupa sampling jenuh. Berdasarkan perbandingan nilai pre-test dan post-test dengan rentang nilai yaitu 0 sampai 27 memiliki nilai tertinggi pre-test adalah 10 dan nilai terendah adalah 7 mengahasilkan rata-rata nilai 8,5, sedangkan nilai tertinggi post-test adalah 25 dan nilai terendah adalah 22 menghasilkan rata-rata nilai 21,5. Perhitungan uji N-Gain mengasilkan rata-rata 0,798 merupakan termasuk dalam kriteria tinggi. Hal ini menunjukan adanya pengaruh pendekatan matematika realistik terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas VII SLB-B Negeri Mandiraja pada materi perkalian.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

pssh

Publisher

Subject

Environmental Science Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

The Proceedings Series on Social Sciences & Humanities aims to publish proceedings from conferences on the scope: 1. Business, Management & Accounting 2. Social Sciences ...