Berdasarkan hasil wawancara dengan guru mata pelajaran matematika di SLB Negeri Mandiraja menunjukan bahwa siswa belum dapat memahami konsep matematika secara baik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh pendekatan matematika realistik terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa SLB-B Negeri Mandiraja. Jenis penelitian berupa penelitian kuantitatif dengan desain penelitian one group pre-test post-test yang menggunakan teknik pengambilan sampel berupa sampling jenuh. Berdasarkan perbandingan nilai pre-test dan post-test dengan rentang nilai yaitu 0 sampai 27 memiliki nilai tertinggi pre-test adalah 10 dan nilai terendah adalah 7 mengahasilkan rata-rata nilai 8,5, sedangkan nilai tertinggi post-test adalah 25 dan nilai terendah adalah 22 menghasilkan rata-rata nilai 21,5. Perhitungan uji N-Gain mengasilkan rata-rata 0,798 merupakan termasuk dalam kriteria tinggi. Hal ini menunjukan adanya pengaruh pendekatan matematika realistik terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas VII SLB-B Negeri Mandiraja pada materi perkalian.
Copyrights © 2025