Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis manajemen pembelajaran seni musik di sekolah dasar dengan fokus pada implementasi Kurikulum Merdeka. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus yang dilaksanakan di salah satu sekolah dasar yang telah menerapkan Kurikulum Merdeka secara penuh. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam dengan guru seni musik, observasi pembelajaran, dan dokumentasi terkait perencanaan, pelaksanaan, serta evaluasi pembelajaran seni musik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen pembelajaran seni musik pada sekolah dasar tersebut telah berjalan efektif dengan adanya perencanaan yang fleksibel dan berorientasi pada pengembangan kompetensi peserta didik sesuai karakteristik Kurikulum Merdeka. Guru mampu mengelola sumber daya dan media pembelajaran secara kreatif serta melakukan penyesuaian strategi pembelajaran yang berpusat pada peserta didik untuk meningkatkan motivasi dan kreativitas dalam seni musik. Namun, ditemukan pula beberapa kendala seperti keterbatasan fasilitas dan pemahaman yang beragam terhadap kurikulum baru yang mempengaruhi konsistensi pelaksanaan. Kesimpulannya, manajemen pembelajaran seni musik di sekolah dasar dalam konteks Kurikulum Merdeka menunjukkan keberhasilan dalam meningkatkan kualitas proses belajar mengajar, meskipun masih memerlukan dukungan pengembangan kapasitas guru dan sarana prasarana agar implementasi kurikulum dapat berjalan lebih optimal. Penelitian ini memberikan rekomendasi bagi pengembang kebijakan dan praktisi pendidikan untuk memperkuat aspek manajerial dan inovasi pembelajaran seni musik di sekolah dasar. Kata kunci: Manajemen Pembelajaran Seni Musik, Pendidikan Dasar, Implementasi kurikulum Merdeka.
Copyrights © 2025