Jurnal ini menyajikan desain aplikasi Belens, aplikasi mobile berbasis Android untuk analisis minuman melalui teknologi pemrosesan gambar dan kecerdasan buatan. Penelitian ini memiliki beberapa fokus antara lain persyaratan perangkat lunak, desain arsitektur sistem, dan desain permukaan pengguna. Metodologi Desain Menggunakan Software Development Life Cycle (SDLC) dengan pendekatan waterfall yang menekankan persyaratan sistem dan analisis desain yang sistematis. Hasil desain meliputi persyaratan fungsional seperti pemindaian gambar dan analisis minuman, kebutuhan non-fungsional seperti kemampuan keselamatan dan respons, dan visualisasi sistem melalui diagram aplikasi, diagram aktivitas dan diagram kelas. Dokumen ini juga menyediakan desain antarmuka pengguna dan aliran interaksi yang memprioritaskan keramahan pengguna. Desain aplikasi Belens diharapkan membentuk dasar untuk pengembangan sistem minuman, dengan pengguna yang menerima informasi konfigurasi visual dan efisien dan kualitas minuman.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025