Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi program Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Rahmatan lil Alamin (P5RA) di MTsN 32 Jakarta dalam menumbuhkan nilai-nilai kebinekaan global dan kreativitas peserta didik. Program ini mengintegrasikan dua dimensi karakter dalam satu proyek tematik untuk membentuk kompetensi holistik siswa sesuai dengan tujuan pendidikan nasional dan keislaman. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan model evaluasi CIPP (Context, Input, Process, Product) melalui observasi, wawancara mendalam, dan studi dokumentasi terhadap empat informan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi P5RA berjalan efektif, relevan, dan bermakna, dengan temuan bahwa pada aspek context program sesuai dengan visi madrasah dan kebutuhan penguatan karakter, pada aspek input didukung kurikulum tematik, keterlibatan guru, orang tua, serta sumber daya lokal, pada aspek process kegiatan proyek dilaksanakan secara partisipatif melalui seni budaya dan kewirausahaan, sedangkan pada aspek product program berhasil meningkatkan toleransi, kolaborasi, kemandirian, dan kreativitas siswa melalui pembelajaran berbasis pengalaman dan proyek.
Copyrights © 2025