Penelitian ini mengkaji bagaimana keterampilan kognitif siswa madrasah ibtidaiyah dalam mempelajari Al- Qur'an Hadits dipengaruhi oleh pendekatan Meaningful Instructional Design (MID). Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih rendahnya kemampuan kognitif siswa akibat penggunaan metode konvensional yang kurang bermakna. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan MID terhadap peningkatan kemampuan kognitif siswa dalam pembelajaran Qur'an Hadits.taum Desain quasi- eksperimental dengan kelompok kontrol non-ekuivalen digunakan dalam penelitian ini, yang melibatkan 34 siswa kelas V MI Masholihul Huda Krapyak. Data pre-tes dan pos-tes dikumpulkan, dan statistik deskriptif, uji-t Welch, dan skor N-Gain digunakan untuk analisis. Skor rata-rata pre-tes kelompok eksperimen adalah 88,24, yang menunjukkan perbedaan substansial dalam kapasitas kognitif dibandingkan dengan skor kelompok kontrol sebesar 73,18. Telah dibuktikan bahwa MID berhasil meningkatkan hasil kognitif dan menawarkan pengalaman pendidikan yang lebih terlibat, introspektif, dan bertujuan.
Copyrights © 2025