Penelitian ini dilakukan dikantor PT Asuransi Ramayana Medan yang bergerak dibidang asuransi kerugian. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui Peran Public Relations dalam mempertahankan Loyalitas Nasabah di PT Asuransi Ramayana Medan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan Studi Kasus ,menggunakan Teori Excelence In Public Relations . Sumber data terdiri atas data primer dan data sekunder. Sumber data primer dihasilkan berdasarkan hasil wawancara mendalam dengan 7 (Tujuh) orang informan. Adapun yang menjadi informan dalam penelitian ini adalah Pjs. Kabag Marketing Public Relations, Kabag Teknik ( Sekaligus Selaku Kepala Penerbitan Polis ). Data sekunder didapatkan berdasarkan jurnal, internet, buku. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Teknik observasi dilakukan dengan mendatangi lokasi terlebih dahulu dan melakukan pengamatan terhadap fenomena. Wawancara dilakukan dengan terstruktur dan sesuai pedoman wawancara. Teknik analisis data penelitian bersifat Studi Kasus. Bedasarkan hasil penelitian yang menunjukan bahwa Public Relations PT Asuransi Ramayana berhasil mempertahankan Loyalitas Nasabah di PT Asuransi Ramayana Medan. Hal ini Dapat kita lihat pada hasil wawancara dengan para nasabah yang hasilnya dapat diketahui dari pelayanan yang baik, fast respon serta tanggung jawab yang diberikan oleh Ramayana Membuat Nasabah senang, nyaman dan positif, yang pada akhirnya memperkuat loyalitas mereka terhadap perusahaan.
Copyrights © 2023