Jurnal Lempu
Vol. 2 No. 2 (2025): July

Implementasi Pendekatan 4C (Critical Thinking, Creativity, Collaboration, Dan Communication) dalam Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V UPT SPF KIP V Bara Baraya

Jaury, Miranda (Unknown)
Syamsuardi (Unknown)
Ambo Pai (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Jul 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan pendekatan 4C (Critical Thinking, Communication, Collaboration, Creativity) dalam meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas V di UPT SPF KIP V Bara Baraya. Penelitian dilakukan melalui Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus, masing-masing meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah 30 siswa yang diukur melalui tes hasil belajar dan observasi partisipasi siswa. Pada tahap prasiklus, rata-rata hasil belajar siswa adalah 60,5, dengan hanya 50% siswa yang mencapai standar ketuntasan minimal. Partisipasi siswa juga rendah, dan banyak yang kurang menunjukkan keterampilan berpikir kritis dan kreativitas. Temuan ini menunjukkan perlunya pendekatan pembelajaran yang lebih interaktif. Setelah menerapkan pendekatan 4C, hasil penelitian menunjukkan peningkatan yang signifikan. Pada siklus I, rata-rata nilai siswa meningkat menjadi 70, dan pada siklus II, nilai rata-rata naik menjadi 85, dengan 90% siswa mencapai ketuntasan. Observasi juga menunjukkan siswa lebih aktif dan lebih baik dalam berpikir kritis serta menunjukkan kreativitas. Penelitian ini membuktikan bahwa pendekatan 4C efektif dalam meningkatkan hasil belajar dan keterlibatan siswa. Oleh karena itu, pendekatan ini direkomendasikan untuk diterapkan pada mata pelajaran lain agar hasilnya lebih komprehensif.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

lempu

Publisher

Subject

Education Other

Description

Pembelajaran di PGSD maupun di Sekolah Dasar yang membahas tentang kurikulum, teknologi pembelajaran, manajemen sekolah, dan kebijakan pendidikan di sekolah ...