Jurnal Lempu
Vol. 2 No. 2 (2025): July

Upaya Meningkatkan Kemampuan Peserta Didik Kelas II Sekolah Dasar dalam Mengenal Huruf Melalui Intervensi Pembelajaran

Ningsih, Atria (Unknown)
Ardiansyah, Muhammad (Unknown)
Oktafiani, Wiwi (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Jul 2025

Abstract

Kemampuan mengenal huruf merupakan salah satu keterampilan dasar yang sangat penting dalam perkembangan literasi peserta didik di tingkat sekolah dasar. Tanpa penguasaan yang baik terhadap pengenalan huruf, peserta didik akan kesulitan dalam mengembangkan kemampuan membaca dan menulis di tahap pembelajaran selanjutnya. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan peserta didik kelas II sekolah dasar dalam mengenal huruf melalui penerapan intervensi pembelajaran yang kreatif, interaktif, dan terstruktur. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan dua siklus yang melibatkan tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini menggunakan pendekatan campuran (kualitatif dan kuantitatif) untuk menganalisis data yang diperoleh. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan yang signifikan dalam kemampuan peserta didik  mengenal huruf, baik dari segi penguasaan huruf secara individual maupun kecepatan peserta didik dalam mengidentifikasi huruf secara keseluruhan. Strategi intervensi yang diterapkan mencakup penggunaan media pembelajaran berbasis teknologi, aktivitas kelompok, dan metode pembelajaran berbasis permainan. Penelitian ini memberikan rekomendasi bagi guru dan tenaga pendidik untuk mengadopsi pendekatan pembelajaran yang lebih inovatif dan menarik guna meningkatkan hasil belajar peserta didik.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

lempu

Publisher

Subject

Education Other

Description

Pembelajaran di PGSD maupun di Sekolah Dasar yang membahas tentang kurikulum, teknologi pembelajaran, manajemen sekolah, dan kebijakan pendidikan di sekolah ...