Al-Madrasah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah
Al-Madrasah Vol. 9, No. 3 (Juli 2025)

Peningkatan Pemahaman Konsep Pecahan Melalui Aplikasi EBS-PBM Apps pada Siswa Kelas V SD

Haryati, Rita (Unknown)
Isrok’atun, Isrok’atun (Unknown)
Irawati, Riana (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Jul 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengukur penggunaan aplikasi EBS-PBM Apps berbasis Android terhadap peningkatan pemahaman konsep siswa pada materi pecahan di SD Negeri Ciluluk II, Kabupaten Sumedang. Desain penelitian yang digunakan di dalam penelitian ini yaitu Nonequivalent Control Group Design dengan sistem pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Subjek penelitian adalah dua kelas yang terdiri dari kelas kontrol yaitu V-A dan kelas eksperimen yaitu V-B. Perlakuan pada dua kelas sampel dibedakan dengan penggunaan media pembelajaran aplikasi EBS-PBM Apps berbasis android pada kelas eksperimen sedangkan pada kelas kontrol tidak. Instrumen yang digunakan adalah instrumen tes soal uraian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) uji t dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 yang menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan antara rata-rata nilai pretest dan posttest di kelas eksperimen. Selain itu, perolehan rata-rata N-Gain siswa di kelas eksperimen mencapai 0,4225, yang termasuk dalam kategori sedang. (2) pada kelas kontrol nilai signifikansi sebesar 0,000 yang menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan antara rata-rata nilai pretest dan posttest. Namun, rata-rata gain siswa di kelas kontrol adalah 0,25, yang masuk dalam kategori rendah. (3) Berdasarkan uji beda rata-rata nilai gain kelas eksperimen dan kelas kontrol diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,008. Artinya terdapat perbedaan peningkatan pemahaman konsep materi pecahan pada siswa karena nilai signifikansi < 0,05.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

al-madrasah

Publisher

Subject

Education

Description

Al-Madrasah merupakan jurnal yang dikelola oleh Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Sekolah Tinggi Ilmu Al Quran Amuntai Kalimantan Selatan yang terbit berkala setiap 6 (enam) bulan sekali dengan scope dan issue yang diangkat terkait dengan pendidikan di tingkat madrasah ibtidaiyah ...