Jurnal Manajemen dan Penelitian Akuntansi (JUMPA)
Vol 18 No 1 (2025): Januari - Juni

Pengaruh Desain Produk Daya Beli Dan Faktor Budaya terhadap Keputusan Pembelian NCT Merchandise Pada Komunitas NCTzen Gresik

Nuryana, Nuryana (Unknown)
Syamlan, Adiba Fuad (Unknown)
Suharto, Suharto (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2025

Abstract

Studi ini bertujuan untuk menguji pengaruh desain produk, daya beli dan faktor budaya terhadap keputusan pembelian NCT merchandise pada komunitas NCTzen Gresik. Penelitian ini penting karena ingin membuktikan bahwa dampak penyebaran persaingan pasar K-Pop yang berasal dari industri hiburan Korea Selatan. Merupakan bisnis yang saat ini marak digandrungi dan populer di semua kalangan usia hingga saat ini, adalah produk Merchandise K-Pop yang produknya banyak ditemui di indonesia. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan analisis regresi linier berganda, jumlah sampel yang diambil adalah 104 responden NCTzen Gresik dan pengumpulan data dilakukan dengan kuisioner dan data diolah menggunakan SPSS versi 26. Hasil penelitian, menunjukkan daya beli dan faktor budaya berpengaruh secara parsial terhadap keputusan pembelian, sedangkan desain produk tidak berpengaruh secara parsial terhadap keputusan pembelian. Namun secara simultan desain produk, daya beli dan faktor budaya berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian NCT merchandise. Untuk kedepannya diharapkan desain produk dapat tetap meningkatkan desain produk yang menarik, sehingga dapat mempertahankan keputusan pembelian NCT merchandise pada NCTzen.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

JUMPA

Publisher

Subject

Humanities Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

Jurnal Manajemen dan Penelitian Akuntansi (JUMPA) adalah jurnal penelitian dibidang manajemen dan akuntansi yang diterbitkan oleh STIE Cendekia Bojonegoro. Jurnal ini terbit 2 kali dalam setahun (Januari-Juni dan Juli-Desember). Fokus jurnal ini dibidang Manajemen (Manajemen Bisnis, Manajemen ...