Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan peran orang tua dalam pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di TKK Santa Theresia Danga. Pendidikan anak usia dini merupakan fondasi penting bagi perkembangan kognitif, emosional, dan sosial anak di masa depan. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini meliputi orang tua murid, guru, dan kepala sekolah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa orang tua memiliki kontribusi signifikan dalam mendukung perkembangan anak, baik melalui dukungan moral, pengawasan kegiatan belajar di rumah, maupun keterlibatan dalam kegiatan sekolah seperti pertemuan orang tua dan aktivitas ekstrakurikuler. Selain itu, terungkap bahwa komunikasi yang efektif antara orang tua dan guru berperan penting dalam mengoptimalkan proses pendidikan anak. Namun, beberapa tantangan masih dihadapi, antara lain keterbatasan waktu karena kesibukan pekerjaan dan kurangnya pemahaman terhadap metode pendidikan anak usia dini. Penelitian ini menyimpulkan bahwa kemitraan antara orang tua dan sekolah perlu terus diperkuat untuk mendukung perkembangan anak secara holistik.
Copyrights © 2025