Ecobisma (Jurnal Ekonomi, Bisnis dan Manajemen)
Vol 11, No 2 (2024): ECOBISMA

PENGARUH MEDIA SOSIAL TERHADAP MINAT MEMULAI WIRAUSAHA BAGI ANAK MUDA DI KABUPATEN LABUHANBATU

Nasution, Ade Parlaungan (Unknown)
Purwaningrum, Ajeng Handayani (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Jul 2025

Abstract

Penelitian ini mengkonfirmasi bahwa media sosial memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap minat memulai wirausaha bagi anak muda di Kabupaten Labuhanbatu. Pengaruh ini dimediasi secara kuat oleh peningkatan Efikasi Diri Kewirausahaan (ESE), di mana media sosial membantu membangun kepercayaan diri individu dalam kemampuan wirausaha mereka. Selain itu, faktor-faktor seperti kreativitas, kecerdasan emosional, ekspektasi pendapatan, dan motivasi juga berperan penting. Mekanisme pengaruh positif media sosial meliputi kemudahan akses informasi dan pengetahuan, efektivitas pemasaran yang hemat biaya, pembentukan jaringan dan komunitas yang mendukung, serta penyediaan model peran dan inspirasi. Meskipun demikian, terdapat tantangan signifikan seperti penyebaran informasi palsu, persaingan tidak sehat, dan potensi pembentukan ekspektasi yang tidak realistisKeywords: Sosial Media, Minat Berwirausaha,Efikasi, jaringan Komunitas,Kreativitas.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

ecobisma

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Ilmiah ECOBISMA adalah Jurnal Ilmiah Bisnis dan Manajemen dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Labuhanbatu melalui Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat, dimaksudkan sebagai media pertukaran informasi dan karya ilmiah antara staf pengajar, alumni, mahasiswa dan masyarakat ...