Journal of Holistic and Health Sciences (Jurnal Ilmu Holistik dan Kesehatan)
Vol. 9 No. 1 (2025): Journal of Holistic and Health Sciences (Jurnal Ilmu Holistik dan Kesehatan)

Hubungan status gizi, kecerdasan emosional, dan kecerdasan spiritual dengan prestasi belajar siswa

Rahayu, Sri (Unknown)
Yani, Ahmad (Unknown)
Harfika, Aviani (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Aug 2025

Abstract

Latar Belakang: Sumber daya manusia yang berkualitas tinggi sangat dipengaruhi oleh pendidikan. Untuk menilai kualitas pendidikan, prestasi belajar menjadi tolak ukur utama. Oleh karena itu, elemen-elemen yang berpengaruh terhadap prestasi belajar harus dipahami secara menyeluruh. Siswa dengan status gizi yang tidak normal beresiko mengalami penurunan prestasi belajar. Selain status gizi, kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual juga berperan dalam prestasi belajar. Dengan memperhatikan konsep body, mind dan spirit (BMS) pendidikan dapat mengadopsi pendekatan holistik yang saling mempengaruhi sehingga penting untuk menjaga keseimbangan BMS untuk mencapai prestasi belajar yang optimal. Tujuan: Menganalisis hubungan antara status gizi, kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual dengan prestasi belajar siswa-siswi MTsN 1 Purwakarta. Metode: Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif menggunakan metode penelitian analitik observasional dengan desain cross sectional. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik consecutive sampling yang memenuhi kriteria dengan besar sampel yakni 88 orang Hasil: Data hasil penelitian ini menunjukkan bahwa status gizi subjek sebagian besar gizi baik sebanyak 49 orang (55.7%), kecerdasan emosional subjek sebagian besar rendah sebanyak 49 orang (55.7%), kecerdasan spiritual subjek sebagian besar rendah sebanyak 48 orang (54.5%), dan prestasi belajar subjek sebagian besar baik sebanyak 78 orang (88.6%). Hasil uji Chi Square menunjukkan ada hubungan secara signifikan antara status gizi, dengan prestasi belajar siswa-siswi MTsN 1 Purwakarta (p=0.050), sedangkan kecerdasan emosional (p=0.502) dan spiritual (p=0.336) tidak bermakna. Simpulan: Ada hubungan antara status gizi, dengan prestasi belajar siswa-siswi MTsN 1 Purwakarta.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jhhs

Publisher

Subject

Health Professions Medicine & Pharmacology Nursing Public Health

Description

Journal of Holistic and Health Sciences (JHHS) menerima naskah hasil penelitian di bidang gizi dan farmasi, khususnya di bidang gizi dan farmasi holistik. Scope JHHS yaitu: 1. Produksi Farmasi meliputi pemuatan sediaan farmasi, Skrinning fitokimia, Uji khasiat sediaan obat, 2. Pelayanan Farmasi ...