SUBSERVE: Community Service and Empowerment Journal
Vol. 3 No. 2 (2025): Juli 2025

PPENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SMP NURUL ISLAM PROBOLINGGO

Saila, Nurul (Unknown)
Hasanah, Uswatun (Unknown)
Sulianti, Ani (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Jul 2025

Abstract

Motivasi belajar merupakan salah satu  faktor  penting yang mempengaruhi keberhasilan siswa dalam belajar.  Beberapa penelitian  menunjukkan  bahwa  motivasi belajar siswa berbanding lurus dengan hasil belajar siswa. Hasil observasi dalam pembelajaran PKn di kelas VII SMP Nurul Islam pada semester ganjil tahun pelajaran    2024/2025 menunjukkan kurangnya motivasi belajar siswa. Guru mengajar menggunakan metode ceramah dan kurang variasi. Hasil wawancara dengan siswa menyebutkan bahwa mereka merasa bosan dalam  pembelajaran  PKn. Tujuan kegiatan pengabdian ini adalah membantu siswa kelas VII SMP Nurul Islam meningkatkan motivasi belajar pada mata  pelajaran  PKn,dengan  menerapkan pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams    Achievement Divisons). Metode pelaksanaan  kegiatan ini  meliputi  kegiatan-kegiatan: persiapan, pelaksanaan dan evaluasi.  Hasil kegiatan  pengabdian ini  adalah  motivasi  belajar  siswa pada pembelajaran PKn di kelas VII SMP Nurul Islam dapat ditingkatkan dengan penerapan model pembelajaran  kooperatiftipe  STAD. Hasil angket respon siswa terhadap kegiaatan  pengabdian  menunjukkan 100 % memberikan respon positif terhadap kegiatan penerapan model pembelajaran  kooperatif tipe STAD dalam pembelajaran PKn. Hasil kegiatan pengabdian ini menunjukkan pentingnya variasi dalam penggunaan model-model pembelajaran dalam pembelajaran, khususnya pada pelajaran PKN agar motivasi belajar siswa stabil.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

SCSEJ

Publisher

Subject

Humanities Education Social Sciences Other

Description

SUBSERVE: Community Service and Empowerment Journal is concerned and published articles related to the practice and processes of community service and empowerment. Every article published is expected to provide insights and inspire activities elsewhere on related ...