Motivasi belajar merupakan salah satu faktor penting yang mempengaruhi keberhasilan siswa dalam belajar. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa motivasi belajar siswa berbanding lurus dengan hasil belajar siswa. Hasil observasi dalam pembelajaran PKn di kelas VII SMP Nurul Islam pada semester ganjil tahun pelajaran 2024/2025 menunjukkan kurangnya motivasi belajar siswa. Guru mengajar menggunakan metode ceramah dan kurang variasi. Hasil wawancara dengan siswa menyebutkan bahwa mereka merasa bosan dalam pembelajaran PKn. Tujuan kegiatan pengabdian ini adalah membantu siswa kelas VII SMP Nurul Islam meningkatkan motivasi belajar pada mata pelajaran PKn,dengan menerapkan pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Divisons). Metode pelaksanaan kegiatan ini meliputi kegiatan-kegiatan: persiapan, pelaksanaan dan evaluasi. Hasil kegiatan pengabdian ini adalah motivasi belajar siswa pada pembelajaran PKn di kelas VII SMP Nurul Islam dapat ditingkatkan dengan penerapan model pembelajaran kooperatiftipe STAD. Hasil angket respon siswa terhadap kegiaatan pengabdian menunjukkan 100 % memberikan respon positif terhadap kegiatan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dalam pembelajaran PKn. Hasil kegiatan pengabdian ini menunjukkan pentingnya variasi dalam penggunaan model-model pembelajaran dalam pembelajaran, khususnya pada pelajaran PKN agar motivasi belajar siswa stabil.
Copyrights © 2025