Pedagogik Journal of Islamic Elementary School
Vol. 8 No. 1 (2025): January - April

Pengaruh Model Problem Based Learning terhadap Pemahaman dan Kemandirian Belajar Siswa

Hartatik, Fitria Tri (Unknown)
Pratiwi, Siska (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Apr 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model problem based learning terhadap pemahaman dan kemandirian belajarĀ  siswa kelas IV UPTD SDN Pejagan 1 Bangkalan. pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen dan desain penelitian yaitu one group pretest-post-test design. Populasi pada penelitian ini seluruh siswa kelas IV dengan jumlah 44 siswa. Sampel dalam penelitian ini siswa kelas IV B sejumlah 22 siswa secara keseluruhan. Instrumen yang digunakan berupa tes yaitu soal pemahaman belajar sedangkan instrumen non tes berupa angket kemandirian belajar. Untuk mengetahui instrumen tersebut bernilai valid dan reliabel menggunakan uji validitas dan reliabilitas sedangkan metode analisis yang digunakan yaitu uji normalitas, uji paired sample t-test. Perolehan nilai sig uji paired sampel T-test yaitu 0,000 < 0,05, sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model Problem Based Learning terhadap pemahaman dan kemandirian belajar IPA.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

PiJIES

Publisher

Subject

Education

Description

PiJIES: PEDAGOGIK Journal of Islamic Elementary School is a peer-reviewed journal which is published by Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah IAIN Palopo. This Journal publishes manuscripts on research in Islamic education and elementary school. PiJIES features research novelties and ...