Pedagogik Journal of Islamic Elementary School
Vol. 8 No. 1 (2025): January - April

Mengembangkan Nilai-Nilai Multikultural dalam Pembelajaran Aktif di Sekolah Dasar

Pamungkas, Apit (Unknown)
Ningsih, Tutuk (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2025

Abstract

Keberagaman budaya adalah masalah umum di sekolah dasar dan dapat menyulitkan proses belajar. Menanamkan nilai-nilai antarbudaya adalah masalah bagi SD Negeri 3 Kaliori karena keberagaman siswa di sekolah tersebut. Studi ini bertujuan untuk menyelidiki cara-cara di mana SD Negeri 3 Kaliori dapat secara aktif mempromosikan pengembangan nilai-nilai antarbudaya pada siswanya. Observasi, wawancara, dan dokumentasi adalah landasan metodologi penelitian kualitatif deskriptif. Penelitian ini menggunakan sampel yang dipilih secara purposif dari siswa dan pengajar di SD Negeri 3 Kaliori sebagai populasi. Temuan menunjukkan bahwa pemahaman siswa tentang keragaman, toleransi, dan sifat-sifat terpuji lainnya dapat ditingkatkan dengan penggabungan pendidikan multikultural ke dalam pembelajaran aktif. Teknologi digital dan pembelajaran berbasis proyek juga membantu siswa dalam mengembangkan pemahaman yang lebih mendalam tentang keragaman.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

PiJIES

Publisher

Subject

Education

Description

PiJIES: PEDAGOGIK Journal of Islamic Elementary School is a peer-reviewed journal which is published by Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah IAIN Palopo. This Journal publishes manuscripts on research in Islamic education and elementary school. PiJIES features research novelties and ...