Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menendang bola dengan kaki bagian dalam pada permainan sepak bola melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw pada siswa kelas VIII1 SMP Negeri 6 Kota Gorontalo. Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya kemampuan dasar menendang bola dengan kaki bagian dalam yang ditunjukkan oleh sebagian besar siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, dengan teknik pengumpulan data berupa observasi dan tes keterampilan menendang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menendang bola, yang terlihat dari peningkatan persentase kemampuan dari 45,58% pada siklus awal menjadi 75,06% pada akhir siklus. Dengan demikian, hipotesis tindakan dalam penelitian ini dapat diterima. Penelitian ini memberikan kontribusi terhadap peningkatan mutu pembelajaran pendidikan jasmani, khususnya dalam teknik dasar sepak bola, serta memberikan referensi bagi guru dan pemangku kebijakan dalam pengembangan model pembelajaran yang efektif.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025