Buletin Ilmiah Ilmu Komputer dan Multimedia (BIIKMA)
Vol 3 No 3 (2025): Buletin Ilmiah Ilmu Komputer dan Multimedia (BIIKMA) (INPRESS)

Perancangan Sistem Pendaftaran Online Berbasis Web Menggunakan Metode Prototype pada AHE Legok Permai

Achmad Lutfi Fuadi (Unknown)
Altare Abdul Aziz Tjindarbumi (Unknown)
Rayya Abdel Mawaddah (Unknown)
Usnul Padilah (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Jul 2025

Abstract

Perkembangan teknologi informasi yang pesat telah mendorong transformasi dalam proses pendaftaran dan administrasi di berbagai lembaga, termasuk AHE Legok Permai. Sistem pendaftaran konvensional yang masih manual sering menghadapi kendala seperti antrean panjang, kesalahan data, dan rendahnya efisiensi. Penelitian ini bertujuan merancang sistem pendaftaran online berbasis web menggunakan metode Prototype untuk meningkatkan kemudahan akses, pengelolaan data peserta, dan efisiensi operasional. Metode Prototype dipilih karena pendekatannya yang iteratif dan kolaboratif, memungkinkan pengembangan sistem yang lebih sesuai dengan kebutuhan pengguna melalui pengujian dan perbaikan berkelanjutan. Sistem yang dirancang mencakup fitur pendaftaran daring, pengunggahan berkas, dan notifikasi status pendaftaran. Hasil pengujian melalui User Acceptance Testing (UAT) menunjukkan tingkat kepuasan tinggi pada kemudahan navigasi dan pelacakan status pendaftaran, meskipun terdapat beberapa masukan untuk peningkatan transparansi dan pengalaman pengguna. Dengan implementasi sistem ini, AHE Legok Permai diharapkan dapat mengurangi beban administrasi, mempercepat proses pendaftaran, serta meningkatkan kualitas layanan. Penelitian ini memberikan kontribusi signifikan bagi pengembangan sistem informasi di lembaga pendidikan dan dapat menjadi referensi bagi institusi lain yang ingin menerapkan sistem pendaftaran online serupa.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

biikma

Publisher

Subject

Computer Science & IT Control & Systems Engineering

Description

1. Komputasi Lunak, 2. Sistem Cerdas Terdistribusi, Manajemen Basis Data, dan Pengambilan Informasi, 3. Komputasi evolusioner dan komputasi DNA/seluler/molekuler, 4. Deteksi kesalahan, 5. Sistem Energi Hijau dan Terbarukan, 6. Antarmuka Manusia, 7. Interaksi Manusia-Komputer, 8. Hibrida dan ...