Pelayanan publik merupakan inti dari fungsi pemerintahan dalam upaya memenuhi kebutuhan dan kepentingan masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas pelayanan pada Kantor Desa Sungai Baung Kecamatan Rengat Barat Kabupaten Indragiri Hulu. Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Penelitian ini dilakukan di Kantor Desa Sungai Baung Kecamatan Rengat Barat Kabupaten Indragiri Hulu. Pengumpulan data primer melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik penentuan informan dengan menggunakan Teknik Purposive untuk pegawai desa sedangkan untuk masyarakat menggunakan Teknik Accidental Random Sampling. Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu data yang telah terkumpul akan diolah dan pengolahan data dilakukan dengan reduksi, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan kualitas pelayanan pada Kantor Desa Sungai Baung Kecamatan Rengat Barat Kabupaten Indragiri Hulu adalah cukup baik yang didominasi pada pelaksanaan indikator akuntabilitas. Hambatan-hambatan pelaksanaan kualitas pelayanan pada Kantor Desa Sungai Baung Kecamatan Rengat Barat Kabupaten Indragiri Hulu yaitu kurangnya efektivitas pegawai, kurangya responsif pegawai dan kurangnya kepatuhan terhadap aturan yang ada.
Copyrights © 2024