SOLUSI
Vol. 23 No. 3 (2025): July

Kepercayaan Pelanggan Memediasi Citra Merek dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian

Anies Nor Kholidah (Unknown)
C. Tri Widiastuti (Unknown)
Prianka Ratri Nastiti (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Jul 2025

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh ketidakstabilan angka penjualan yang dialami oleh Toko Nibras House Pati, meskipun toko tersebut telah dikenal memiliki brand image yang baik serta menawarkan produk dengan kualitas yang tinggi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memicu pengaruh brand image dan hubungan timbal balik produk terhadap keputusan pembelian, dengan kepercayaan pelanggan sebagai variabel mediasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei yang disampaikan kepada konsumen Toko Nibras House Pati. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif, di mana data dikumpulkan melalui penyebaran kuesioner. Sebanyak 100 responden dilibatkan dalam penelitian ini, yang dipilih menggunakan metode purposive sampling berdasarkan kriteria tertentu. Analisis data dilakukan menggunakan teknik Partial Least Square (PLS) dengan bantuan perangkat lunak SmartPLS versi 4.0. Temuan dari studi ini menunjukkan bahwa brand image tidak memberikan pengaruh yang signifikan terhadap kepercayaan konsumen, sementara kualitas produk memberikan pengaruh yang signifikan. Selanjutnya, brand image juga tidak secara signifikan memengaruhi keputusan pembelian, namun kualitas produk terbukti memberikan dampak yang signifikan. Kepercayaan konsumen tidak terbukti memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian, sehingga tidak berperan sebagai variabel mediasi. Oleh karena itu, baik brand image maupun kualitas produk tidak memiliki pengaruh tidak langsung terhadap keputusan pembelian melalui kepercayaan konsumen. Meskipun citra merek belum memperlihatkan dampak signifikan pada penelitian ini, namun tetap menjadi aspek penting yang tidak boleh diabaikan dalam strategi pemasaran jangka panjang. Temuan menekankan pentingnya kualitas produk dan kepercayaan konsumen dalam meningkatkan keputusan pembelian.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

solusi

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Social Sciences Other

Description

SOLUSI scientific magazine is a collection of quality scientific journals from various social science disciplines including economics, accounting, management and business. Topics raised in journals are adapted to current themes that can help practitioners and academics develop their knowledge and ...