Kurikulum sebagai bagian dari faktor penting dalam pendidikan memiliki posisi strategis dalam mewarnai dan menentukan kualitas output pendidikan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui aspek perangkat dan proses pembelajaran di satuan pendidikan tingkat menengah pertama dalam kurikulum merdeka. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Karena, dalam penelitian ini peneliti akan meneliti aktivitas pembelajaran dengan sering terjadinya perubahan kurikulum. Bogdan dan Tylor dalam Meleong mendefinisikan pendekatan kualitatif yaitu prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan prilaku yang dapat diamatiHasil penelitian ini menunjukkan bahwa perubahan kurikulum diperlukan setiap saat karena kurikulum akan selalu merespon perkembangan dalam kehidupan, baik perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, perkembangan sosial dan budaya, dan perkembangan politik. Di samping itu, dalam perkembangannya kurikulum harus memperhatikan unsur peserta didik, satuan pendidikan, masyarakat, dan peranan pengembang kurikulum terutama guru. Peserta didik sebagai obyek kurikulum harus mendapat prioritas utama dalam pengembangan kurikulum.
Copyrights © 2025