Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media permainan teka-teki silang (TTS) terhadap peningkatan pengetahuan siswa mengenai gizi seimbang dan upaya pencegahan gizi buruk. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan eksperimen semu (quasi experiment) menggunakan desain one group pretest-posttest. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII dan IX SMP Aisyiyah Muhammadiyah 3 Kota Malang. Instrumen penelitian berupa soal pilihan ganda yang mengukur pengetahuan siswa sebelum dan sesudah diberikan perlakuan menggunakan media TTS. Hasil analisis menggunakan uji paired sample t-test menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan antara nilai pretest dan posttest, dengan nilai p < 0,001. Temuan ini mengindikasikan bahwa penggunaan media TTS efektif dalam meningkatkan pengetahuan siswa mengenai gizi seimbang. Media ini mampu menciptakan suasana belajar yang menyenangkan dan mendorong keterlibatan aktif siswa dalam proses pembelajaran. Oleh karena itu, media permainan TTS dapat menjadi alternatif inovatif dalam pembelajaran gizi di sekolah.
Copyrights © 2025