Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar
Vol. 10 No. 02` (2025): Volume 10 No. 2 Juni 2024 In Built

IMPLEMENTASI MEDIA PEMBELAJARAN DIORAMA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V UPT SD NEGERI DOROMUKTI

Arizatun Khoirunnisa (Unknown)
Wiratsiwi, Wendri (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2025

Abstract

Rendahnya hasil belajar kelas V UPT SD Negeri Doromukti pada mata pelajaran IPAS melatarbelakangi penelitian ini. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V pada mata pelajaran IPAS, khususnya pada materi kegiatan ekonomi melalui penggunaan media diorama kegiatan ekonomi. Sebanyak 18 siswa kelas V UPT SDN Doromukti berpartisipasi menjadi subjek pada penelitian ini yang merupakan 9 siswa laki-laki dan 9 siswa perempuan. Metode penelitian ini adalah metode penelitian PTK yang dilakukan sebanyak dua siklus di mana setiap siklusnya terdiri dari 4 tahapan yakni perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, refleksi. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu observasi dan tes. Data hasil observasi berupa data deskriptif untuk mengetahui keterlibatan atau aktivitas belajar peserta didik selama proses pembelajaran berlangsung, sedangkan data tes berupa data kuantitatif digunakan untuk mengukur hasil belajar peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan, bahwa penerapan media diorama kegiatan ekonomi menghasilkan nilai rata-rata klasikal 57,77 pada siklus l, dengan sebanyak 7 siswa tuntas dan persentase ketuntasan klasikal (38,88%). Pada siklus ll terjadi peningkatan nilai rata-rata sebesar 80 sebanyak 17 siswa tuntas dengan persentase ketuntasan klasikal (94%). Penggunaan media diorama mampu mengoptimalkan hasil belajar terkhusus pada materi kegiatan ekonomi pelajaran IPAS kelas V UPT SDN Doromukti tahun ajaran 2024/2025.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

pendas

Publisher

Subject

Other

Description

Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar is a journal published twice a year, namely in June and December that aims to be a forum for scientific publications to pour ideas and studies complemented with the results of research related to primary school education. To achieve this, basic education ...