Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar
Vol. 10 No. 02 (2025): Volume 10, Nomor 02 Juni 2025 publish

Pengaruh Keadilan Pajak, Tarif Pajak, dan Teknologi Informasi Perpajakan terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Pribadi

Adelia, Adelia (Unknown)
Akbar, Arya Zulfikar (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Jul 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh keadilan pajak, tarif pajak, dan teknologi informasi perpajakan terhadap kepatuhan wajib pajak pribadi di Kabupaten Sumbawa. Data dikumpulkan dari 100 responden wajib pajak pribadi melalui kuesioner dan dianalisis menggunakan Structural Equation Modeling (SEM) berbasis Partial Least Squares (PLS) dengan SmartPLS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keadilan pajak memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak pribadi. Persepsi wajib pajak terhadap keadilan sistem, baik dari segi distribusi beban, prosedur, maupun perlakuan, menjadi pendorong utama kepatuhan. Selanjutnya, tarif pajak juga ditemukan berpengaruh positif dan signifikan; artinya, tarif yang dipersepsikan wajar dan sesuai kemampuan wajib pajak justru meningkatkan kemauan untuk patuh. Terakhir, teknologi informasi perpajakan juga memiliki pengaruh positif dan signifikan. Kemudahan penggunaan, efisiensi, dan manfaat sistem digital (seperti e-filing dan e-billing) secara efektif mengurangi biaya kepatuhan dan mempermudah pemenuhan kewajiban. Secara keseluruhan, ketiga variabel ini secara bersama-sama mampu menjelaskan 68,5% variasi kepatuhan wajib pajak pribadi. Model penelitian menunjukkan kecocokan dan validitas yang sangat baik (GoF = 0,598). Implikasi dari studi ini menekankan pentingnya transparansi, komunikasi yang efektif mengenai kewajaran tarif, dan optimalisasi layanan digital untuk meningkatkan kepatuhan wajib pajak di daerah berkembang seperti Kabupaten Sumbawa.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

pendas

Publisher

Subject

Other

Description

Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar is a journal published twice a year, namely in June and December that aims to be a forum for scientific publications to pour ideas and studies complemented with the results of research related to primary school education. To achieve this, basic education ...