Jurnal Intelek Insan Cendikia
Vol. 2 No. 7 (2025): JULI 2025

PENGARUH HARGA DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA RESTORAN PIZZA HUT DI MARGONDA DEPOK

Muhamad Idham (Unknown)
Gojali Supiandi (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Jul 2025

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Pengaruh Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Pada Restoran Pizza Hut DiĀ  Margonda Depok. Jenis penelitian ini menggunakan jenis penelitian asosiatif, dengan pendekatan kuantitatif. Adapun populasi dalam penelitian ini berjumlah 56,901 konsumen dan sample dalam penelitian ini berjumlah 100 responden. Analisis data menggunakan uji validitas, uji reabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi, dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukkan Harga (X1) dan Promosi (X2) terhadap Keputusan Pembelian (Y) dengan persamaan regresi Y = Y = 16,887 + 0,143 X1 + 0,397 X2. Nilai koefisien korelasi antara variabel bebas dengan variabel harga (X1) dan promosi (X2) mempunyai tingkat hubungan yang kuat terhadap keputusan pembelian (Y). Nilai determinasi 0,432 atau 43,2% sedangkan sisanya 56,8% dipengaruhi faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Uji hipotesis secara parsial diperoleh harga nilai positif thitung > ttabel (8,048 > 1,985) maka H0 ditolak dan H1 diterima, hal ini menunjukan terdapat pengaruh yang signifikan antara harga terhadap keputusan pembelian. Uji hipotesis secara parsial diperoleh promosi nilai positif thitung > ttabel (7,603 > 1,985) maka H0 ditolak dan H2 diterima, hal ini menunjukan terdapat pengaruh signifikan antara promosi terhadap keputusan pembelian. Hasil uji hipotesis F diperoleh nilai F hitung > F tabel atau (36,894 > 3,09). Hal tersebut diperkuat dengan nilai signifikan (0,000 < 0,05). Dapat disimpulkan bahwa harga dan promosi secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jiic

Publisher

Subject

Religion Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

Jurnal Intelek Insan Cendikia (JIIC) adalah jurnal MULTI DISIPLIN ILMU. Jurnal ini menerima artikel ilmiah dari seluruh bidang ilmu, seperti : keagamaan, pendidikan, ekonomi, sosial, kesehatan, hukum, manajemen, dan seluruh bidang keilmuan ...