Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis teks drama peserta didik kelas XI TAV-2 di SMK Negeri 7 Surabaya melalui media “Pamasutri” dan teknik pemodelan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Sumber datanya para peserta didik di kelas XI TAV-2 yang berjumlah 34 orang. Lokasi penelitian di SMK Negeri 7 Surabaya. Rancangan PTK ini menggunakan siklus yang setiap siklusnya memiliki tahapan (1) perencanaan, (2) tindakan, (3) observasi dan evaluasi, serta (4) refleksi. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi dan penilaian produk. Teknik analisis data dilakukan melalui persentase. Hasil penelitian ini memberi informasi bahwa media “Pamasutri” dan teknik pemodelan dapat meningkatkan kemampuan menulis teks drama peserta kelas XI TAV-2 SMK Negeri 7 Surabaya. Hal terbukti dari refleksi awal hanya 29% peserta didik yang mencapai KKTP, kemudian pada siklus 1 terjadi peningkatan menjadi 65% dan lebih meningkat menjadi siklus 2 menjadi 88%.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025