Wacana Akademika : Majalah Ilmiah Kependidikan
Vol 1 No 1 (2017)

PENGARUH LEARNING CYCLE DAN INKUIRI TERBIMBING DITINJAU DARI PEMAHAMAN METODE ILMIAH TERHADAP PRESTASI BELAJAR

Sigit Sujatmika (Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa)
Tias Ernawati (Unknown)



Article Info

Publish Date
08 May 2017

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: (1) Pengaruh metode learning cycle dan inkuiri terbimbing terhadap prestasi belajar mahasiswa (2) Pengaruh pemahaman metode ilmiah tinggi dan rendah terhadap prestasi belajar mahasiswa. Penelitian ini bertipe kuasi eksperimen. Penelitian dilaksanakan pada program studi Pendidikan IPA FKIP UST semester 1 tahun ajaran 2016/2017. Teknik pengumpulan data untuk prestasi belajar dan pemahaman metode ilmiah menggunakan tes. Teknik analisis data untuk uji hipotesis menggunakan analisis variansi dua jalan dengan sel tidak sama (ANOVA). Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa: (1) Tidak ada pengaruh pembelajaran dengan metode learning cycle dan inkuiri terbimbing terhadap prestasi belajar mahasiswa (p=0.057) (2) Ada pengaruh pemahaman metode ilmiah  rendah dan tinggi terhadap prestasi belajar mahasiswa (p=0.000).

Copyrights © 2017