Tujuan dari Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) di dalam kurikulum saat ini yakni Kurikulum Merdeka adalah untuk mengamati dan menyelesaikan permasalahan terkait tentang pembelajaran yang dialami oleh siswa yang meliputi 5 aspek utama yaitu potensi diri, pemberdayaan diri, peningkatan diri, pemahaman diri, dan peran sosial serta dengan memanfaatkan metode pembelajaran yang interaktif dan memberikan kesempatan siswa untuk berpartisipasi aktif dalam proses pembelajaran. Adapun konteks penelitian ini bertujuan untuk melakukan analisis menyeluruh terhadap faktor-faktor pendukung dan penghambat proyek penguatan profil pelajar Pancasila. Sasaran peneliti nantinya adalah untuk mengetahui sejauh mana penerapan P5 di sekolah menengah pertama (SMP) sekitar kota Singaraja. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deksriptif dengan obyek dalam penelitian ini adalah pelaksanaan P5 disekolah. Dengan Subjeknya adalah siswa, guru, kepala sekolah serta yang berkaitan dengan P5. Adapun teknik untuk mengkoleksi atau mengumpulkan data adalah dengan melakukan observasi kepada siswa yang bertujuan untuk mendapatkan informasi terkait pelaksanaan P5, wawancara yang dilakukan kepada pihak sekolah yakni wakil kepala sekolah maupun tim guru yang terlibat dalam kepanitiaan P5 di sekolah bertujuan untuk menggali informasi yang lebih dalam terkait implementasi P5, terutama pada fokus untuk mencari pendukung dan penghambat.
Copyrights © 2025