Eduproxima : Jurnal Ilmiah Pendidikan IPA
Vol 7, No 3 (2025)

PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS KEARIFAN LOKAL PUGER MATERI EKOLOGI DAN KEANEKARAGAMAN HAYATI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMP

Izzah, Nikmatul (Unknown)
Wahyuni, Sri (Unknown)
Putra, Pramudya Dwi Aristya (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Jul 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan e-modul berbasis kearifan lokal Puger pada materi Ekologi dan Keanekaragaman Hayati untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa SMP. Metode penelitian yang digunakan adalah model pengembangan ADDIE yang meliputi tahap analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII A SMP Sultan Agung Puger, dengan jumlah 28 siswa. Data dikumpulkan melalui validasi ahli, observasi, tes, dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa e-modul yang dikembangkan valid dengan persentase 93% dan praktis digunakan dalam pembelajaran dengan tingkat keterlaksanaan mencapai 90%. Penggunaan e-modul ini efektif meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa, ditunjukkan oleh peningkatan rata-rata nilai pretest dari 26,75 menjadi 81,78 pada posttest. Respon siswa terhadap e-modul memperoleh persentase 76%, tergolong baik. Indikator berpikir kritis, seperti interpretasi, analisis, dan inferensi, mengalami peningkatan signifikan Kesimpulan dari penelitian menunjukkan bahwa e-modul berbasis kearifan lokal Puger efektif, valid, dan praktis dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa, serta relevan dalam pembelajaran IPA berbasis ekologi dan keanekaragaman hayati.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

eduproxima

Publisher

Subject

Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Chemistry Earth & Planetary Sciences Education Physics

Description

Jurnal Eduproxima: Jurnal Ilmiah Pendidikan IPA menyajikan hasil penelitian yang berkenaan dengan bidang kajian fisika, kimia, biologi, dan penerapan IPA atau sains dalam pendidikan. Jurnal diterbitkan 2 kali setahun (Januari dan ...