Penelitian ini memiliki tujuan menganalisis tingkat miskonsepsi siswa terhadap materi fotosintesis siswa sekolah dasar (SD). Seharusnya siswa tidak boleh memiliki konsep yang keliru karena dapat mempengaruhi pemahamannya pada materi berikutnya. Metode pengumpulan data menggunakan tes berupa three tier test dan wawancara. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 2 Bulusari yang berjumlah 13 siswa dengan 7 siswa perempuan dan 6 siswa laki-laki. Data hasil penelitian dianalisis menggunakan analisis kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada kategori miskonsepsi sebanyak 38,46%, kategori paham konsep sebanyak 31,54%, dan kategori tidak paham konsep sebanyak 30%. Miskonsepsi tertinggi pada materi proses fotosintesis dan fungsi bagian tumbuhan dalam fotosintesis pada soal nomor 3 dan 5 yang masing-masing sama memiliki persentase sebesar 46,15% atau berjumlah 6 siswa yang mengalami miskonsepsi pada butir soal ini dari 13 siswa yang diteliti. Sedangkan miskonsepsi terendah terdapat pada materi pengertian fotosintesis dan manfaat fotosintesis pada soal nomor 1 dan 2 sebesar 23,07%. Hal ini menunjukkan bahwa masih banyak siswa SD yang mengalami miskonsepsi pada materi fotosintesis.
Copyrights © 2025