Eduproxima : Jurnal Ilmiah Pendidikan IPA
Vol 7, No 3 (2025)

ETHNO-EDUGAMES: IMPLEMENTASI APLIKASI SANGKURIANG UNTUK MENINGKATKAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI SISTEM KOORDINASI KELAS XI SMAN 14 BANDUNG

Nurhaliza, Inda (Unknown)
Utari, Toto Sutarto Gani (Unknown)
Kurniawan, Iwan Setia (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Jul 2025

Abstract

Berpikir kritis adalah suatu siklus yang terkoordinasi untuk pelatihan psikologis, misalnya menangani suatu permasalahan, mengambil keputusan, membedah perselisihan, dan memimpin pengujian logika. (Yuni. 2021). Tujuan penelitian ini yaitu mengetahui keefektifan penggunaan aplikasi ethno-edugames pada meningkatnya berpikir kritis peserta didik dalam materi sistem koordinasi. Subjek penelitian yaitu peserta didik kelas XI MIPA 4 di SMAN 14 Bandung. Metode penelitian yaitu pendekatan kuantitatif dalam pre-experiment (one group pretest-postest design) yaitu memakai satu kelas sebagai eksperimen yang akan diuji pretest dan posttest sebanyak 50 soal memakai aplikasi ethno-edugames. Hasil penelitian kelas eksperimen menggunakan perhitungan Shapiro Wilk menunjukkan skor Sig. pretest yaitu .104 > .05 berarti berdistribusi normal. Kemudian skor Sig. posttest yaitu .148 > .05 berarti berdistribusi normal. Hasil Paired Sample T-Test menunjukkan bahwa skor Sig. (2-tailed) yaitu .000 < .05, maka Ha diterima serta Ho ditolak, maka dapat dikatakan terjadi peningkatan berpikir kritis siswa kelas XI MIPA 4 terhadap penggunaan media pembelajaran ethno-edugames pada materi sistem koordinasi. Hasil perhitungan N-Gain yaitu 0,8379 dengan kriteria tinggi, artinya terdapat keefektifan penggunaan aplikasi ethno-edugames terhadap peningkatan berpikir kritis siswa.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

eduproxima

Publisher

Subject

Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Chemistry Earth & Planetary Sciences Education Physics

Description

Jurnal Eduproxima: Jurnal Ilmiah Pendidikan IPA menyajikan hasil penelitian yang berkenaan dengan bidang kajian fisika, kimia, biologi, dan penerapan IPA atau sains dalam pendidikan. Jurnal diterbitkan 2 kali setahun (Januari dan ...