Capaian yang diharapkan dalam penelitian ini adalah mengembangkan bahan ajar pendekatan STEM pada materi suhu dan kalor dengan fokus pada peningkatan hasil belajar peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas materi pelatihan dan mengujinya dalam program pendidikan untuk mengetahui efisiensi dan efektivitasnya. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (RnD) dengan menggunakan model pengembangan 4D (define, design, develop, disseminate) . Metode analisis data meliputi angket respon dan pre-test post-test. Hasil validitas bahan ajar pendekatan STEM pada materi suhu dan kalor untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik 95,14% katagori sangat valid. Hasil kajian praktik sebesar 93,52% respon yang diberikan peserta didik menunjukkan bahwa bahan ajar sangat efektif, dan efektivitas hasil belajar berdasarkan statistik nilai pre-test dan post-test menunjukkan rata-rata n-gain sebesar 0,74 tergolong bermutu tinggi. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa bahan ajar yang dikembangkan dengan pendekatan STEM pada materi suhu dan kalor valid, praktis, dan efektif dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik.
Copyrights © 2025