Pemerintah Indonesia mulai menerapkan kurikulum merdeka yang diharapkan siswa dapat aktif terlibat langsung pada setiap proses pembelajaran dan guru mampu mentransfer pengetahuan dengan berbagai strategi maupun variasi media pembelajaran agar tercapainya tujuan pembelajaran. Salah satu faktor yang mempengaruhi keberhasilan siswa agar tujuan pembelajaran dapat tercapai adalah motivasi belajar. Dalam pembelajaran IPA sering ditemukan siswa dengan motivasi belajarnya kurang yang disebabkan karena pembelajarannya yang membosankan dan monoton. Selain itu, sering dijumpai siswa yang bermain gadget dan tidur ketika pembelajaran dikarenakan kurang adanya variatif metode dan media dalam pembelajaran sehingga motivasi belajar siswa menjadi rendah. Tujuan dalam penelitian yaitu untuk meningkatkan motivasi belajar IPA melalui penerapan model Problem Based Learning (PBL) berbantuan Game Education Wordwall. Metode penelitian yang digunakan yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang terdiri dari dua siklus yang tiap siklusnya terdiri dari empat tahapan diantaranya yaitu perencanaan, pelaksaanaan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian dilakukan di kelas VIII D SMPN 2 Rejoso yang berjumlah 30 siswa. Hasil penelitian menjukkan adanya peningkatan persentase motivasi belajar siswa pada kategori sangat baik di siklus I sebesar 63,33%, kemudian di siklus II meningkat menjadi 93,33%. Berdasarkan hasil penelitian yang menunjukkan ketercapaian hasil penelitian, maka penelitian dihentikan sehingga penerapan model Problem Based Learning berbantuan Game Education Wordwall dapat meningkatkan motivasi belajar IPA.
Copyrights © 2025