Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan modul pembelajaran biologi pada materi sistem pencernaan yang terintegrasi dengan nilai-nilai Al-Qur’an yang digunakan dalam proses belajar mengajar serta dapat meningkatkan sikap keislaman bersamaan dengan pemahaman hasil belajar siswa. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dan menggunakan model pengembangan 4D. Dari hasil penelitian didapatkan bahwa modul pembelajaran biologi terintegrasi nilai-nilai Al-Qur’an presentase kevalidan materi aspek kelayakan isi mendapatkan nilai 92.5%, sedangkan aspek kelayakan penyajian 93.7%, dan aspek kelayakan bahasa berdasarkan BSNP 87.5%. Validasi modul oleh ahli media pada materi sistem pencernaan menunjukkan skor yang diperoleh melalui ukuran modul sebesar 75% dan desain memiliki skor sebesar 89%. Hasil validasi oleh ahli integrasi mendapatkan skor 90%. Modul ini diharapkan memudahkan guru dalam proses pembelajaran biologi, memberikan pengalaman untuk siswa belajar secara mandiri, serta meningkatkan pengetahuan siswa baik dari segi pengetahuan sains maupun pengetahuan agama.
Copyrights © 2025