Eduproxima : Jurnal Ilmiah Pendidikan IPA
Vol 7, No 3 (2025)

PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN BIOLOGI TERINTEGRASI NILAI-NILAI ALQUR’AN PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN UNTUK SISWA KELAS XI

Azki, Salmiyani (Unknown)
Khairuna, Khairuna (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Jul 2025

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan modul pembelajaran biologi pada materi sistem pencernaan yang terintegrasi dengan nilai-nilai Al-Qur’an yang digunakan dalam proses belajar mengajar serta dapat meningkatkan sikap keislaman bersamaan dengan pemahaman hasil belajar siswa. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dan menggunakan model pengembangan 4D. Dari hasil penelitian didapatkan bahwa modul pembelajaran biologi terintegrasi nilai-nilai Al-Qur’an presentase kevalidan materi aspek kelayakan isi mendapatkan nilai 92.5%, sedangkan aspek kelayakan penyajian 93.7%, dan aspek kelayakan bahasa berdasarkan BSNP 87.5%. Validasi modul oleh ahli media pada materi sistem pencernaan menunjukkan skor yang diperoleh melalui ukuran modul sebesar 75% dan desain memiliki skor sebesar 89%. Hasil validasi oleh ahli integrasi mendapatkan skor 90%. Modul ini diharapkan memudahkan guru dalam proses pembelajaran biologi, memberikan pengalaman untuk siswa belajar secara mandiri, serta meningkatkan pengetahuan siswa baik dari segi pengetahuan sains maupun pengetahuan agama.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

eduproxima

Publisher

Subject

Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Chemistry Earth & Planetary Sciences Education Physics

Description

Jurnal Eduproxima: Jurnal Ilmiah Pendidikan IPA menyajikan hasil penelitian yang berkenaan dengan bidang kajian fisika, kimia, biologi, dan penerapan IPA atau sains dalam pendidikan. Jurnal diterbitkan 2 kali setahun (Januari dan ...