Didaktis: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan
Vol 15, No 3 (2015)

PENERAPAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DALAM LESSON STUDY UNTUK MENGASAH KEMAMPUAN ANALISIS MAHASISWA

Badruli Martati (Pusat dokumentasi jurnal pendidikan)
Endah Hendarwati (Pusat dokumentasi jurnal pendidikan)
Aris Setiawan (Pusat dokumentasi jurnal pendidikan)
Aristiana P.R. (Pusat dokumentasi jurnal pendidikan)
Ratno A. (Pusat dokumentasi jurnal pendidikan)
Wahono . (Pusat dokumentasi jurnal pendidikan)



Article Info

Publish Date
24 Apr 2016

Abstract

ABSTRAKSalah satu tujuan mata kuliah metodologi pembelajaran afektif adalah agar mahasiswa memiliki wawasan yang luas terkait perkembangan afektif anak usia dini. Usia perkembangan manusia pada masa anak usia dini disebut masa keemasan (golden age), suatu masa dimana anak secara khusus mudah menerima stimulus-stimulus dari lingkungan. Ada beberapa perkembangan pada anak usia dini, salah satunya adalah perkembangan sosial, dimana anak mulai membangun hubungan dengan keluarga mereka dan juga orang lain. Unsur-unsur perkembangan sosial tersebut yang perlu dibantu perkembangannyasecara optimal oleh guru dan calon guru anak usia dini, dilakukan melalui penerapan problem based learning. Untuk meningkatkan kompetensi dosen dan kualitas pembelajaran dilakukan kegiatanLesson Study di program Studi PG PAUD FKIP Universitas Muhammadiyah Surabaya, dimana proses sistematik dilaksanakan antara dosen yang berkolaborasi untuk merancang (plan) , mengamati (do) dan melakukan refleksi (see) terhadap mata kuliah metodologipembelajaran afektif anak usia dini.

Copyrights © 2015