Tulisan ini mengkaji tentang pengenalan kalimah isim dalam surah Al-Fatihah pada anak-anak pengajian di mesjid At-Taqwa Desa Muara Kuis. Dalam memahami Al- Qur'an, kalimah isim merupakan kalimah dasar. Tujuan dari tulisan ini adalah untuk mengenalkan dasar bahasa arab kepada anak-anak pengajian di mesjid At-Taqwa karena bahasa arab merupakan bahasa dunia dan bahasa yang digunakan untuk aktivitas beribadah dengan dilaksanakan kegiatan pengenalan kalimah isim anak-anak mendapatkan ilmu pengetahuan dan wawasan mengenai kalimah isim secara dasar. Metode yang digunakan dalam pengabdian ini adalah metode analisis deskriptif dengan pendekatan kualitatif dan data yang dikumpulkan dari penelitian ini berupa teks, wawancara, dan observasi. Adapun hasil dari kegiatan ini dapat dilihat dari sebelum pengajaran di mulai tingkat pemahaman anak-anak tentang kalimah isim sangat terbatas, namum setelah mengikuti kegiatan pembelajaran 85% anak-anak mampu mengidentifikasi dan menjelaskan berbagai jenis kalimah isim yang terdapat dalam surah Al-Fatihah. Dengan demikian, kegiatan pengenalan kalimah isim dalam Al-Qur'an Surah Al-Fatihah pada pengajian anak- anak di mesjid At-Taqwa dalam memahami kalimah isim telah berhasil dan menjadi kegiatan berkelanjutan.
Copyrights © 2025