Motivasi belajar merupakan salah satu faktor penting dalam menunjang keberhasilan proses pendidikan. Hasil observasi dan data yang diperoleh dari guru Bimbingan dan Konseling di SMA Negeri 1 Anggana, ditemukan bahwa motivasi belajar siswa kelas XI masih tergolong rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara layanan bimbingan belajar dengan motivasi belajar siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Anggana. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode korelasional. Populasi adalah seluruh siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Anggana, dengan sampel sebanyak 63 responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat tingkat hubungan yang rendah antara layanan bimbingan belajar dengan motivasi belajar siswa, dengan nilai koefisien korelasi (R) sebesar 0,231. Dapat disimpulkan bahwa layanan bimbingan belajar berkontribusi terhadap motivasi belajar siswa, namun masih dipengaruhi oleh faktor-faktor lain di luar variabel yang diteliti. Penelitian ini memiliki keterbatasan pada cakupan sampel, metode pengumpulan data yang bersifat kuantitatif, dan belum mempertimbangkan faktor eksternal yang memengaruhi motivasi belajar. Oleh karena itu, penelitian selanjutnya disarankan menggunakan pendekatan campuran dan melibatkan sampel yang lebih luas untuk memperoleh hasil yang lebih komprehensif dan representatif.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025