JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 2 (2025): Agustus

Hubungan Layanan Bimbingan Belajar dengan Motivasi Belajar Siswa Kelas X1 SMAN 1 Anggana

Rahmatia, Siti (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Jul 2025

Abstract

Motivasi belajar merupakan salah satu faktor penting dalam menunjang keberhasilan proses pendidikan. Hasil observasi dan data yang diperoleh dari guru Bimbingan dan Konseling di SMA Negeri 1 Anggana, ditemukan bahwa motivasi belajar siswa kelas XI masih tergolong rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara layanan bimbingan belajar dengan motivasi belajar siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Anggana. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode korelasional. Populasi adalah seluruh siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Anggana, dengan sampel sebanyak 63 responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat tingkat hubungan yang rendah antara layanan bimbingan belajar dengan motivasi belajar siswa, dengan nilai koefisien korelasi (R) sebesar 0,231. Dapat disimpulkan bahwa layanan bimbingan belajar berkontribusi terhadap motivasi belajar siswa, namun masih dipengaruhi oleh faktor-faktor lain di luar variabel yang diteliti. Penelitian ini memiliki keterbatasan pada cakupan sampel, metode pengumpulan data yang bersifat kuantitatif, dan belum mempertimbangkan faktor eksternal yang memengaruhi motivasi belajar. Oleh karena itu, penelitian selanjutnya disarankan menggunakan pendekatan campuran dan melibatkan sampel yang lebih luas untuk memperoleh hasil yang lebih komprehensif dan representatif.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...