Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran teka-teki silang dalam keterampilan menulis kosakata siswa kelas II UPT SD Inpres Pare’- Pare’. Jenis penelitian ini adalah eksperimen dengan desain One Group Pretest-Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas II A UPT SD Inpres Pare’- Pare’ yang berjumlah 22 orang. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui tes pretest dan posttest, observasi, serta dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan media teka-teki silang terbukti memberikan pengaruh signifikan dalam keterampilan menulis kosakata siswa kelas II UPT SD Inpres Pare’- Pare’. Media teka-teki silang ini membantu siswa memperluas kosakata dan menuliskannya dengan lebih tepat. Melalui latihan teka-teki silang, siswa dapat mengembangkan keterampilan menulis kosakata secara bertahap, mulai dari pengenalan kata hingga penulisan dalam kalimat. Sehingga kegiatan menulis melalui teka-teki silang membuat siswa lebih aktif, tertarik, dan mampu menggunakan kosakata dengan lebih baik dalam tulisan mereka. Dengan demikian, penggunaan media teka-teki silang dapat dijadikan alternatif yang efektif dalam pembelajaran Bahasa Indonesia, khususnya untuk keterampilan menulis kosakata siswa kelas II secara signifikan.
Copyrights © 2025