JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 2 (2025): Agustus

Pengaruh Media Pembelajaran Teka-Teki Silang dalam Keterampilan Menulis Kosakata Siswa Kelas II UPT SD Inpres Pare’-Pare’

Ismawardani, Ismawardani (Unknown)
Khaltsum, Ummu (Unknown)
Rahayu, Sri (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Jul 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran teka-teki silang dalam keterampilan menulis kosakata siswa kelas II UPT SD Inpres Pare’- Pare’. Jenis penelitian ini adalah eksperimen dengan desain One Group Pretest-Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas II A UPT SD Inpres Pare’- Pare’ yang berjumlah 22 orang. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui tes pretest dan posttest, observasi, serta dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan media teka-teki silang terbukti memberikan pengaruh signifikan dalam keterampilan menulis kosakata siswa kelas II UPT SD Inpres Pare’- Pare’. Media teka-teki silang ini membantu siswa memperluas kosakata dan menuliskannya dengan lebih tepat. Melalui latihan teka-teki silang, siswa dapat mengembangkan keterampilan menulis kosakata secara bertahap, mulai dari pengenalan kata hingga penulisan dalam kalimat. Sehingga kegiatan menulis melalui teka-teki silang membuat siswa lebih aktif, tertarik, dan mampu menggunakan kosakata dengan lebih baik dalam tulisan mereka. Dengan demikian, penggunaan media teka-teki silang dapat dijadikan alternatif yang efektif dalam pembelajaran Bahasa Indonesia, khususnya untuk keterampilan menulis kosakata siswa kelas II secara signifikan.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...