JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 2 (2025): Agustus

Gambaran Keterlibatan Ayah dalam Pembentukkan Harga Diri pada Dewasa Muda

Irawan, Puti (Unknown)
Roswiyani, Roswiyani (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Jul 2025

Abstract

Masa dewasa muda (18-25 tahun) merupakan fase perkembangan yang ditandai dengan eksplorasi identitas dan peran, serta menghadapi tantangan dalam pendidikan, pekerjaan, dan hubungan interpersonal. Ketidakmampuan dalam beradaptasi di fasi ini dapat mempengaruhi kesehatan mental dan harga diri individu. Harga diri yang positif berperang penting bagi individu dalam terjun ke lingkungan sosial, mengambil keputusan, dan penyesuain diri. Salah satu faktor yang memengaruhi harga diri adalah pola pengasuhan khususnya keterlibatan ayah. Keterlibatan ayah telah mengalami peningkatan dari tahun-tahun sebelumnya. Penelitian ini mengacu pada teori keterlibatan ayah Hawkins, dan harga diri Rosenberg. Serta menggunakan pendekatan kualitatif untuk memahami gambaran keterlibatan ayah dalam pembentukkan harga diri pada dewasa muda. Partisipan berjumlah 10 orang (2 laki-laki, 8 perempuan) berusia 18-25 tahun yang berdomisili di Jabodetabek dan dipilih melalui screening menggunakan Nurturant Fathering Scale (NFS) dan Rosenberg Self-Esteem Scale (RSES). Data dikumpulkan melalu wawancara dan dianalisis dengan teknik analisis interaktif Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian partisipan dengan pengalaman keterlibatan ayah yang tinggi memiliki harga diri positif, ditandai dengan kepercayaan diri, penghargaan terhadap diri, dan kemampuan menghadapi tantangan. Namun, beberapa partisipan menunjukkan harga diri yang kurang stabil akibat faktor lingkungan lain seperti tekanan sosial dan pengalaman di masa lalu. Hal tersebut menunjukkan pentingnya keterlibatan ayah dalam pengasuhan sebagai penopang perkembangan psikologis anak hingga masa dewasa muda.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...