Jurnal Nasional Teknologi Komputer
Vol 5 No 3 (2025): Juli 2025

Rancang Bangun Aplikasi Pembelajaran yang di Personalisasikan Berdasarkan Mata Kuliah Studi Kasus Program Studi Sistem Komputer UNPAB

panjaitan, fahrul syahrijal (Unknown)
Muhammad Iqbal (Unknown)
Herdianto (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Jul 2025

Abstract

Teknologi digital telah mendorong perubahan signifikan dalam dunia pendidikan tinggi, termasuk dalam strategi pengajaran pada berbagai mata kuliah. Salah satu pendekatan inovatif yang muncul adalah Personalized Learning System (PLS), yaitu sistem pembelajaran yang dirancang untuk menyesuaikan materi, metode, dan kecepatan belajar berdasarkan karakteristik individual mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk merancang sebuah sistem pembelajaran personal khusus untuk mata kuliah Jaringan Komputer, serta menganalisis potensi dan tantangan implementasi Personalized Learning Systems di lingkungan perguruan tinggi. Penelitian ini diharapkan dapat mendukung transformasi digital pendidikan tinggi yang lebih inklusif, adaptif, dan berorientasi pada kebutuhan individu mahasiswa serta menjadi bahan evalusi terhadap sistem pembelajaran personal yang ada. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan aplikasi pembelajaran pada mata kuliah Jaringan Komputer yang menggunakan metode Personalized Learning System memberikan dampak positif terhadap motivasi belajar dan performa akademik mahasiswa. Aplikasi ini merekomendasikan integrasi Personalized Learning System ke dalam kurikulum berbasis teknologi untuk mendukung pembelajaran yang lebih adaptif, efektif, dan berkelanjutan di tingkat perguruan tinggi.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jnastek

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

Jurnal Nasional Teknologi Komputer di bidang ilmu komputer dan teknologi. Jurnal JNASTEK diterbitkan oleh CV. Hawari. Redaksi mengundang peneliti, praktisi, dan mahasiswa untuk menulis perkembangan ilmiah di bidang-bidang yang berkaitan dengan teknologi informasi, teknik informatika dan sistem ...