Teknologi digital telah mendorong perubahan signifikan dalam dunia pendidikan tinggi, termasuk dalam strategi pengajaran pada berbagai mata kuliah. Salah satu pendekatan inovatif yang muncul adalah Personalized Learning System (PLS), yaitu sistem pembelajaran yang dirancang untuk menyesuaikan materi, metode, dan kecepatan belajar berdasarkan karakteristik individual mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk merancang sebuah sistem pembelajaran personal khusus untuk mata kuliah Jaringan Komputer, serta menganalisis potensi dan tantangan implementasi Personalized Learning Systems di lingkungan perguruan tinggi. Penelitian ini diharapkan dapat mendukung transformasi digital pendidikan tinggi yang lebih inklusif, adaptif, dan berorientasi pada kebutuhan individu mahasiswa serta menjadi bahan evalusi terhadap sistem pembelajaran personal yang ada. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan aplikasi pembelajaran pada mata kuliah Jaringan Komputer yang menggunakan metode Personalized Learning System memberikan dampak positif terhadap motivasi belajar dan performa akademik mahasiswa. Aplikasi ini merekomendasikan integrasi Personalized Learning System ke dalam kurikulum berbasis teknologi untuk mendukung pembelajaran yang lebih adaptif, efektif, dan berkelanjutan di tingkat perguruan tinggi.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025