Indonesian Research Journal on Education
Vol. 5 No. 4 (2025): Irje 2025

Gambaran Kualitas Discharge Teaching pada Anak Dengan Leukemia

Montella, Bayong (Unknown)
Novayelinda, Riri (Unknown)
Ernawaty, Juniar (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 Jul 2025

Abstract

Leukemia merupakan salah satu jenis kanker yang paling sering terjadi pada anak-anak dan memerlukan perawatan jangka panjang. Discharge Teaching menjadi hal penting dalam proses perawatan lanjutan di rumah. Kualitas Discharge Teaching yang baik dapat memberikan dampak positif yaitu menghindari penurunan kesehatan dan mencegah komplikasi. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan kualitas discharge teaching pada anak dengan leukemia Penelitian ini menggunakan desain deskriptif kuantitatif dengan pendekatan cross sectional. Sampel berjumlah 60 responden yang diambil menggunakan teknik total sampling. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner Quality of Discharge Teaching Scale (QDTS) yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Data dianalisis menggunakan analisis univariat dan disajikan dalam bentuk distribusi frekuensi dan persentase. Hasil yang didapatkan dari penelitian ini menunjukkan bahwa mayoritas responden menilai kualitas Discharge Teaching berada pada kategori baik sebanyak 30 responden (50,0%), sebanyak 15 responden (25,0%) menilai kualitas pelaksanaan perencanaan pulang dalam kategori sangat baik. sementara itu, 9 responden (15,0%) menilai sedang, dan hanya 6 responden (10,0%) yang menilai dalam keadaan kurang. Kualitas Discharge Teaching pada anak dengan leukemia di RSUD Arifin Achmad Provinsi Riau tergolong baik.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

irje

Publisher

Subject

Religion Arts Humanities Chemistry Education Energy Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Library & Information Science Materials Science & Nanotechnology Mathematics Physics Social Sciences Other

Description

Indonesian Research Journal on Education is intended as a medium for scientific studies of research results, thoughts, and critical-analytic studies regarding research in the field of education and learning. This is part of the spirit of disseminating knowledge resulting from research and thoughts ...